Untuk
mengukur keberhasilan pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui tes prestasi
belajar berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, tes prestasi belajar dapat
digolongkan kedalam 3 jenis penilaian sebagai berikut:
1) Tes Formatif
Penilaian
ini digunakan untuk mengukur satu atau beberapa pokok bahasan tertentu dan
bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap siswa terhadap pokok
bahasan tersebut. Hasil tes ini dimanfatkan untuk memperbaiki proses belajar
mengajar bahan tertentu dalam bahan tertentu.
2) Tes Sub Sumatif
Tes
ini meliputi sejumlah bahan pengajaran dalam waktu tertentu. Tujuannya adalah
untuk memperoleh gambaran daya para siswa untuk meningkatkan tingkat prestasi
belajar siswa. Hasil tes subsumatif ini dimanfaatkan untuk memperbaiki proses
belajar mengajar dan diperhitungkan dalam menentukan nilai rapor.
3)
Tes Sumatif
Tes
ini diadakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap bahan pokok-pokok bahasan
yang telah diajarkan selama satu semester, satu atau dua tahun pelajaran.
Tujuannya adalah untuk menetapkan tingkat atau taraf keberhasilan belajar siswa
dalam suatu periode pembelajaran tertentu. Hasil dari tes sumatif ini
dimanfaatkan untuk kenaikan kelas, menyusun peringkat (ranking) atau
sebagai ukuran mutu sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar